Google Bikin Pendek Link Facebook dengan FB.me


Google telah membuat suatu teritori baru sejak Senin (14/12), dengan diluncurkannya layanan pemendek URL, bernama Goo.gl. Tidak seperti layanan pemendek URL lainnya, termasuk TinyURL dan Bit.ly, Goo.gl tersebut bukan sekedar pemendek URL yang dapat diakses user langsung ke situs standalone atau berdiri sendiri. Namun, layanan Goo.gl tersebut dibangun dalam product Google, mulai dengan toolbar browser Google dan layanan Feedburner RSS. Kedua layanan tersebut dapat membuat URL Goo.gl yang membuat link ke source content dengan menggunakan karakter yang lebih sedikit. Pemendekan karakter URL tersebut berguna ketika akan dilakukan sharing ke tempat seperti Twitter, yang mempunyai batas ukuran.

Fitur Goo.gl tersebut seiring dengan diluncurkannya tombol share untuk toolbar Google yang memudahkan user untuk terintegrasi dengan sejumlah layanan social, termasik FeedBurner. Google juga mengatkan bahwa layanan toolbar dan FeedBurner tersebut sangat cepat dan stabil. Dari sisi keamanan juga dapat memblokir halaman di index pencarian yang mengandung malware atau phishing.

Sementara itu, properties Google lainnya juga mengambil keuntungan dari link pemendek tersebut, termasuk YouTube, Maps, Reader, dan Blogger. Sedangkan domain .gl tersebut merupakan domain untuk Greenland. Bahkan, Google juga meluncurkan layanan pemendek URL untuk Facebook, bernama FB.me.


sumber : beritanet.com

0 komentar:

Posting Komentar

Return top